Senin, 23 Januari 2012

Stereotipe tentang orang berkacamata minus


Kalau anda pernah menonton salah satu film fiksi yang berjudul “superman” atau jikalau anda adalah salah satu pengagum berat film ini, anda pasti tahu bahwa dalam film ini aktor atau pemeran utamanya dalam kesehariannya memakai kacamata. Terlepas kacamata yang dipakainya itu minus atau tidak itu bukan jadi masalah. Seringkali di masyarakat kita terdapat semacam anggapan atau stigma terhadap suatu kelompok orang yang belum tentu sepenuhnya anggapan tersebut benar akan tetapi citra dari anggapan tersebut bisa jadi nampak kuat karena hal tersebut memang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Inilah salah satu stereotipe yang kerap hadir di tengah-tengah kehidupan kita, bahwasanya orang yang memakai kacamata minus sering dianggap mempunyai kecerdasan lebih dibandingkan dengan orang yang tidak berkacamata minus. Namun hal tersebut tidak selalu bisa dijadikan ukuran bahwa orang berkacamata minus itu adalah orang yang memiliki kecerdasan lebih. Jika kita mau berpikir sejenak, mungkin saja dengan memakai kacamata minus, orang tersebut bisa jadi lebih terlihat sebagai orang yang mempunyai kecerdasan lebih.
Tapi jelasnya, yang namanya stereotype itu kita boleh percaya boleh juga tidak. Tergantung bagaimana kita menyikapi hal tersebut saja. Jadi lebih baik diambil yang positif sementara yang negatif kita tinggalkan saja.

9 komentar:

  1. Joooooosss kawan... :)
    Saya setuju dengan apa yang anda katakan di atas bahwa "penampilan" tidak bisa dijadikan patokan dalam menilai "pribadi" seseorang... termasuk pemakai kacamata td!
    ☺ ☻ keep Posting,

    BalasHapus
  2. Boleh2
    TAK HANYA superman, Spiderman juga
    Kalo menurut saya orang yang berkacamata terkesan orang yang pandai

    BalasHapus
  3. dulunya sih memang seperti itu, tapi mungkin sekarang suda h berubah yaa,, bisa saja karena memang matanya sakit, atau menuruti fashion saja :)

    do not judge book from the cover" kalo bahasa gaulnya sih gitu,,
    tapi tetap positif saja dg penampilan siapa saja, itu sudah menjadi hak setiap orang :D

    yang penting adalah tidak mengKotak-kotakkan manusia yaa,,

    #merdekaaaaaaaa :)

    BalasHapus
  4. gag semua yang berkacamata itu terkesan pandai.... bisa saja karena minus atau plus... orang yg terkena minus ataupun plus itu juga bisa karena keturunan lho...

    BalasHapus
  5. waduh..bicara soal saya ini???hehe
    bagaimana pendapat kalian tentang saya???


    back to your article
    saya setuju dengan kalian
    penilaian orang belum tentu benar,,

    setiap orang memilki kelebihan dan kekurangan...
    saya merasa,,orang yang berkaca mata (termasuk saya)minus atau plus malah memiliki kekurangan dalam penglihatan dibanding kalian.


    kalo memakai kaca mata untuk fashion ya syah2 saja,,,selama tidak merugikan orang lain...

    BalasHapus
  6. it`s part of good story guys.......anggapanku tidak semua orang berkaca mata minus itu pintar ya. ya itu memang sebagian dari mereka itu pintar karena dia minus bnyak membaca atau yang lainnya. tpi, ada sebagian dri mereka tu memang bawaan dri kecl...

    BalasHapus
  7. hohohohohoh....
    yang sip lah
    menurut saya, jika saya menggunakan kacamata minus saya merasa ingin sering sering membaca buku, saya juga kurang tahu mengapa demikian?


    stereotipe membawa kita akan lebih mengerti gambaran umum dari sifat atau karakter seseorang ya...
    bagus juga y stereotipe ya, jadi kita mempunyai bekal dalam menghadapi orang yang seperti itu....

    BalasHapus
  8. ya mungkin menganggap bahwa kalau memakai kaca mata itu suka beljar lma2 jadi matanya minus. tapi gak juga ya? mungkin karena gak suka wortel/ sayuran makanya jadi minus.

    BalasHapus
  9. Ada yang ng-Post tentang kcamata ne ,,,,,,,
    Nice Post Prend ..

    Gue ndiri yang kena minus aje agak risih kalo pake kcamata lma2 ,,,,brasa ngga' bebas Jek ,,,,,,
    jadi klo liat orang2 yang sehat wal afiat pke kcmata entah dngan alasan fashion ato apalah,,,,bwaan'y agk sensi ,,,,,
    hehehehe.......
    secara gue aje yang kena minus pngen smbuh iar ngga' pke kcmata ,,,,,

    siph2 Move oN frend .........

    BalasHapus