Minggu, 26 Februari 2012

Sub-Kultur Punk

Punk?? Pertama kali saya mendengar istilah tersebut saat saya masih duduk di bangku sekolah menengah pertama.  Punk adalah sub-budaya yang lahir di London, Inggris. Pada awalnya, kelompok punk selalu dikacaukan oleh golongan skinhead. Namun, sejak tahun 1980-an, saat punk merajalela di Amerika, golongan punk dan skinhead seolah-olah menyatu, karena mempunyai semangat yang sama. Namun, Punk juga dapat berarti jenis musik atau genre yang lahir di awal tahun 1970-an. Punk juga bisa berarti ideologi hidup yang mencakup aspek sosial dan politik (Source: Wikipedia).
Di Indonesia sub-budaya ini telah tersebar  sampai ke beberapa tempat. Pada umumnya anak-anak muda-lah yang menjadi anggota atau yang lebih sering disebut anak “punk”. Mereka biasanya tergabung dalam suatu komunitas yang sering terlihat berada di pinggir-pinggir jalan atau dekat dengan traffic light. Hal ini dapat kita lihat contohnya di Salatiga di sekitar ruas jalan diponegoro dekat kampus UKSW.
Saat ini, sub-kultur punk dapat dikatakan telah mulai mengglobal bila dilihat dari perkembangannya yang cukup pesat. Hampir di jalanan kota-kota besar di Indonesia  dapat dijumpai anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas anak punk. Dari yang saya baca-baca di internet, anak punk selalu diidentikkan dengan perlawanan terhadap sistem kemapanan. Yang pada awalnya menginspirasi mereka melakukan perlawanan terhadap sistem kemapanan tersebut adalah adanya gejolak moral dan sosial yang melingkupi pemerintahan suatu Negara. Dimulai dari itu, mereka berinisiatif sendiri untuk membentuk suatu komunitas yang pada akhirnya mereja jadikan sebagai lifestyle atau gaya hidup maupun ideologi.
Yang paling terlihat jelas dari komunitas punk adalah dandanan atau cara berpakaian mereka. Dari mulai rambut sampai aksesoris yang melekat erat di pakaian mereka, semuanya merupakan simbol yang mempunyai arti dan makna tersendiri. Kesemuanya itu sudah menjadi ciri khas yang hanya dimiliki atau setidaknya yang menandai identitas anak punk.
Berbicara tentang punk tentu tidak akan melewatkan sebuah genre music yang disebut punk itu sendiri. Jenis atau aliran music ini dipelopori oleh grup band dari amerika seperti ramones, the vandals, ataupun dari Inggris seperti the sex pistols. Grup musik tersebut dapat dikatakan mempunyai andi dalam berkembangnya sub-kultur punk. Lirik lagu dalam musik punk sendiri biasanya menceritakan tentang perlawanan terhadap sistem yang berkuasa di dalam pemerintahan suatu Negara atau protes sosial terhadap ketidakadilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar